SI PUTIH DARI TANAH PAPUA

Micropechis Ikaheka

Jika kamu bukan orang Asli Papua dan ditanya begini “apa yang kamu ketahui tentang Pulau Papua?” Dengan spontan kamu akan menjawab tentang kekayaan alamnya, tempat pariwisatanya, orang-orangnya yang unik, mungkin juga kamu akan menjawab tentang Persipura atau tentang burung cenderawasih dan lain-lain.

Tapi, bagaimana kalau saya tanya “apa kamu tahu apa itu ikaheka?” Kamu pasti binggung dan mungkin bahkan tidak tahu sama sekali, kecuali kamu pecinta hewan. Ya, hanya pecinta hewan yang tau, maksud saya pecinta ular…hehehe.

Ikaheka, Ikaheka snake, Papuan small-eyes snake atau New Guinea ell-snake adalah salah satu ular berbisa yang paling bahaya di Indonesia dan ular ini hanya dapat dijumpai di pulau Papua dan sekitarnya.

Micropechis ikaheca
Micropechis Ikaheka

Ukuran ular ini kurang dari 2 meter, berwarna coklat atau hitam di bagian kepala dan sekeliling badan berwarna putih. Itulah sebabnya masyarakat di Papua sebut ular ini dengan nama ular putih. Dipanggil New Guinea ell-snake karena si putih ini paling suka di tempat-tempat yang lembab dan basah, seperti tumpukan dedaunan, semak-semak, tumpukan kayu dan bebatuan yang lembab.

Biasanya masyarakat di Papua sangat menghindari ular ini jika masuk ke hutan untuk berburu ataupun mencari hasil hutan. Tidak jarang juga ular ini ditemukan di sekitar pekarangan rumah dan kebun.

Pada dasarnya semua jenis ular akan menghindar jika bertemu dengan manusia, tidak terkecuali micropechis ikaheka atau ular putih Papua ini. Tapi, ular putih ini agak agresif, apalagi jika merasa terancam. Jika dalam posisi terancam, ular ini akan menyerang balik.

Gigitan ular ini sangat beracun hingga menyebabkan cukup banyak kematian di Papua. Jika tidak tertolong dengan cepat, akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah, gagal pernapasan dan menyebabkan kematian. Yang lebih parahnya, dokter ahli gigitan ular berbisa di Indonesia, Tri Maharani mengatakan bahwa sampai sekarang masih belum ada anti racunnya di dunia untuk ular ini.

Salah satu kasus paling heboh karena gigitan ikaheka ini adalah kasus yang di Raja Ampat. Namanya adalah Anaas yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Tujuan Anaas di Raja Ampat memang untuk mencari ular putih. Setelah digigit sama ikaheka, 30an menit kemudian Anaas meninggal karena tidak tertolong.

Micropechis Ikaheka
Micropechis Ikaheka

Ibu Tri Maharani pun memberikan anjuran kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak menangkap ular-ular yang ada di Pulau Papua, terutama si ikaheka ini, karena nyawa adalah taruhannya.

Oleh karena itu, untuk teman-teman yang ingin berpergian ke hutan Papua agar hati-hati. Alangkah baiknya jika ingin berpergian ke  hutan Papua agar menggunakan celana Panjang, sarung tangan dan sepatu untuk mengantisipasi si ikaheka (ular putih) ini. Safety first, right!?

Sedikit saran dari saya, jika kebetulan kalian bertemu dengan si putih ini dan kalian merasa terancam, alangkah baiknya dimusnahkan saja si putih itu, agar kalian tidak menjadi tumbal. Ingat pepatah “membunuh atau dibunuh?” (Kill or Killed) Ya, itu maksudnya. Dalam kasus ini, lebih baik membunuh daripada dibunuh kan! hihihi. Tapi jika teman-teman merasa tidak terancam ya dihindari saja, toh mereka pun kalau bertemu manusia akan berusaha menghindar juga. Ohiya, mangsa favorit si putih ini adalah tikus.

Jika ada dari teman-teman yang punya pengalam bertemu dengan ikaheka (ular putih Papua), teman-teman bisa ceritakan di kolom komentar. Ataupun ada informasi yang saya lewatkan tentang ular putih ini, tolong kalian tambahkan.

 

Terimakasih sudah mau membaca tulisan ala kadarnya ini, akhir kata Peace & God Bless…!! :)

 By: mepaMEL


Referensi
1. merdeka.com
2. id.quora.com
3. id.wikipedia.org

6 Komentar untuk " SI PUTIH DARI TANAH PAPUA"

  1. Mantap pak Mel terimakasih ilmunya si putih snake west Papua 🐍

    BalasHapus
  2. Alam Papua flora dan faunanya,
    Luar biasa .
    Semangat Buat Dix Melson. 😎
    Selalu berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Edo...siap abang πŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ˜

      Hapus
  3. Yg hitam saja sa takut apalagi putih, ular seee

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel